Google

Kamis, 15 Mei 2008

Bakrie Rilis Skema Tarif SMS Rp 1 per Karakter


PT Bakrie Telecom Tbk hari ini merilis skema tarif layanan pesan singkat (short message service/SMS) terbarunya. Tak lagi per kirim, Bakrie kini memberlakukan tarif SMS per karakter.


Rp 1 per karakter, demikian skema tarif terbaru yang diluncurkan dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Wakil Direktur Utama Bakrie Telecom, Erik Meijer, mengatakan skema tarif tersebut merupakan skema tarif tetap, bukan tarif promosi. Skema tarif itu berlaku bukan hanya ke sesama pengguna Esia namun ke semua operator.

Seperti diketahui, tarif SMS ke sesama Esia sebelumnya adalah Rp 50 per SMS, sedangkan ke operator lain Rp 250/SMS. Eric mengklaim tarif terbaru Rp 1 per karakter akan jauh lebih murah.

"Memang kalau dihitung-hitung, untuk pelanggan Esia tarif SMS-nya jadi mahal. Tapi kita kasih kesempatan lebih murah, misalnya membalas SMS dengan kata 'Ok' yang hanya dua karakter. Memangnya rata-rata orang kirim SMS sampai 160 karakter?" Eric mencontohkan.

Melalui skema tarif terbaru ini, Eric berharap dapat membantu meningkatkan target pelanggan Bakrie Telecom dari 3,8 juta pada akhir 2007 lalu menjadi 7 juta pada akhir 2008. Hingga akhir kuartal pertama 2008 ini, jumlah pelanggan Bakrie tercatat sudah mencapai 4,5 juta.

Antisipasi Lonjakan Trafik

Terkait terjadinya lonjakan trafik SMS dengan diberlakukannya skema tarif tersebut, Dani Budiansyah yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bakrie Telecom mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan kapasitas SMS 2-3 kali lipat.

"Sekarang kita sudah menaikkan 50 persennya. Kalau program ini berhasil kami akan meningkatkannya lagi sampai lima kali lipat," tutur Dani di Setiabudi One Jakarta, Kamis (15/5/2008).

Dani juga yakin sistem penagihannya tidak akan bermasalah karena sudah dirancang sedemikian rupa seperti halnya merancang tarif suara.

Mengenai anggaran, Dani mengaku Bakrie tidak memberikan anggaran khusus untuk mengantisipasi lonjakan SMS ini, hanya saja, masih menurut Dani, Bakrie tetap melakukan peningkatan jaringan tahun ini dengan jumlah anggaran sebesar US$ 200 juta. Saat ini, rata-rata trafik SMS mencapai 20-25 juta per harinya.

source:detikinet

0 komentar: